1. Blog

Syarat Balik Nama Motor, Biaya, & Cara Mengurus Terbaru 2024

Kegiatan jual beli mobil atau motor bekas akhir-akhir ini cukup digemari oleh beberapa orang. Dengan harga yang lebih murah, kita sudah bisa mendapatkan mobil atau motor yang kita inginkan. Tetapi sebelum kalian membeli kendaraan bermotor bekas, kalian harus tahu terlebih dahulu tentang balik nama motor.

Pada kesempatan kali ini, Tiket Resmi akan membahas tentang bagaimana cara balik nama motor, berapa biayanya, serta apa saja persyaratannya. Simak pembahasan di bawah ini untuk menemukan jawabannya.

Main

Apa yang Dimaksud Balik Nama Motor?

Balik nama STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan dan BPKB (Bukti Pembelian Kendaraan Bermotor) adalah suatu proses untuk melakukan alih kepemilikan kendaraan bermotor dari pemilik tangan pertama kepada pemilik tangan kedua, hal ini juga dapat dilakukan dari pemilik tangan kedua sampai pemilik seterusnya.

Artikel Terkait

Balik nama motor dilakukan karena jual beli atau hibah kendaran bermotor kepada orang lain. Nama di BPKB dan STNK dari pemilik sebelumnya akan diubah menjadi nama pemilik yang baru. Nomor polisi hanya akan berubah jika kendaraan pindah dari provinsi semula.

Kemudahan jika BPKB dan STNK sudah atas nama sendiri, pemilik kendaraan bisa melakukan pembayaran pajak tanpa harus meminjam KTP dari pemilik sebelumnya. Jika berada di daerah yang berbeda, kalian juga tidak perlu untuk datang ke kantor Samsat dari daerah pemilik sebelumnya. Bisa dibayangkan betapa merepotkannya jika kalian membeli kendaraan bermotor bekas dan tidak melakukan balik nama.

Persyaratan Balik Nama Motor

Ada beberapa dokumen yang perlu kalian bawa untuk mengurus balik nama. Berikut adalah syarat-syarat balik nama motor :

  1. KTP asli dan KTP fotokopi dari pemilik yang baru
  2. Bukti cek keadaan fisik kendaraan bermotor
  3. Bukti pembayaran kendaraan bermotor asli dan fotokopi
  4. STNK asli dan STNK fotokopi
  5. BPKB asli dan BPKB fotokopi

Cara Balik Nama Motor

Setelah mengetahui beberapa persyaratan dari balik nama, selanjutnya kalian perlu tahu tentang cara balik nama kendaraan bermotor. Sebagai langkah pertama, kalian perlu mencabut berkas dari Samsat dimana STNK kendaraan tersebut diterbitkan. Berikut adalah langkah atau cara balik nama motor:

Cara Balik Nama Motor ( Sumber AntaraNews)
  1. Kalian perlu datang ke Samsat tempat STNK kendaraan tersebut diterbitkan untuk pencabutan berkas dengan menyerahkan KTP dan BPKB kepada petugas.
  2. Kendaraan akan dicek fisik. Kalian perlu menyimpan hasil gesekan nomor mesin dan nomor rangka yang didapat.
  3. Setelah itu, berikan hasil cek fisik kepada petugas beserta dokumen-dokumen yang diperlukan. Petugas akan melakukan legalisir dan dokumen dikembalikan.
  4. Setelah dilegalisir kalian bisa menuju loket cek fisik dan mengisi formulir yang sudah disediakan.
  5. Menuju kasir untuk melakukan pembayaran pencabutan berkas dan jika ada pajak kendaraan yang belum terbayar.
  6. Setelah membayar, kalian akan menuju loket mutasi untuk diperiksa semua persyaratan yang tadi dilegalisir. Baru setelah itu, kalian dapat mengisi formulir.
  7. Petugas akan memberi bukti pembayaran untuk pendaftaran mutasi sebesar Rp75.000 sampai Rp250.000. Kalian dapat langsung membayar dan menyerahkan bukti pembayaran kepada petugas.
  8. Kalian akan diberi dua rangkap bukti pembayaran, satu sebagai pegangan untuk petugas, sedangkan lainya akan kalian gunakan untuk mengambil berkas. Biasanya proses ini menunggu 5-7 hari setelah kalian melakukan pembayaran.
  9. Setelah itu kalian datang kembali ke kantor Samsat tersebut pada waktu yang sudah ditentukan untuk mengambil berkas. Untuk mengambil berkas, kalian harus menyerahkan bukti pembayaran kepada petugas. 
  10. Berkas yang sudah diserahkan tadi kemudian diberikan kembali kepada kalian dan petugas akan mengarahkan menuju loket fiskal untuk membayar sebesar Rp10.000. Pencabutan berkas sudah selesai. Kalian juga dapat langsung menuju Samsat tujuan untuk mendaftarkan STNK baru.
  11. Menuju ke bagian mutasi di Samsat tujuan dan ke loket cek fiskal untuk legalisir berkas dari kantor Samsat kalian melakukan pencabutan berkas.
  12. Petugas memberikan semua berkas yang sudah kalian serahkan sebelumnya. Setelah itu, kalian perlu fotokopi bukti pembayaran yang sudah dilegalisir.
  13. Semua berkas akan diserahkan ke loket berkas mutasi. Petugas akan memeriksa semua berkas dan bukti pembayaran, lalu kalian dapat datang kembali 1-2 hari lagi.
  14. Datang kembali ke loket mutasi dengan membawa bukti pembayaran STNK tadi dan serahkan pada petugas. Untuk penerbitan STNK, kalian akan diminta membayar lagi. Setelah semua proses tersebut selesai. STNK baru sudah ada di genggamanmu.

Biaya Balik Nama Motor Terbaru 2022

Mengutip dari pemerintah Kota Jakarta, biaya balik nama motor dalam Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2010 dan PP Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP):

  • Biaya administrasi: Rp 35.000
  • Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) sebesar Rp 35.000 
  • Pembuatan BPKB baru: Rp 225.000 
  • Pembuatan nomor polisi baru: Rp 30.000 
  • Pembuatan STNK: Rp 100.000 
  • Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Baru (TNKB) plat nomor untuk kendaraan dua Rp 60.000 
  • Biaya transfer nama Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) sejumlah 10%

Tarif dasar yang diberlakukan biasanya sekitar ⅔ dari tarif SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah). Untuk penyerahan pertama, pajak kendaraan bermotor sebesar 2%, dan penyerahan berikutnya bertambah sebesar 5%. Jumlah biaya tersebut dapat bertambah jika ada pajak yang belum terbayarkan

Baca Juga : Cara Cek Pajak Motor Online, SMS dan Aplikasi Lengkap Terbaru

Demikian informasi tentang balik nama motor yang dapat disampaikan oleh Tiket Resmi. Mungkin sekilas terlihat rumit dan memakan waktu, tapi lebih baik jika kalian dapat melakukannya sendiri tanpa menggunakan calo atau jasa balik nama. Biaya yang dikeluarkan tentunya akan berkurang.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Syarat Balik Nama Motor, Biaya, & Cara Mengurus Terbaru 2024

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Bepergian jauh menggunakan transportasi umum adalah bukanlah hal yang asing bagi masyarakat Indonesia. Sebagian besar masyarakat Indonesia lebih memilih naik kendaraan umum karena harganya terjangkau dan salah satu upaya mengurangi polusi udara. Salah satu bus yang memberikan kenyamanan yang luar biasa adalah bus Harapan Indah.  Profil PO Bus Harapan Indah Perusahaan otobus yang terkemuka di […]

    Trending

    Perusahaan Otobus (PO) tersebar di seluruh Indonesia. Seperti halnya, di ujung timur Indonesia terdapat armada bus lintas aceh yang menjadi kebanggaan masyarakat Aceh untuk bepergian. Ternyata, masyarakat di sana telah menggunakan armada ini sudah cukup lama. Hal ini membuat banyak PO semakin ingin berinovasi dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk para penumpang setia. Yuk, simak […]
    Bepergian antar pulau sekarang tidak perlu khawatir. Dengan mengetahui daftar bus lintas Sumatera Jawa, kalian bisa bebas pulang-pergi Sumatera Jawa untuk berbagai keperluan. Dewasa ini, semakin bertambahnya zaman teknologi semakin maju inovasi khususnya dalam sektor transportasi.   Meskipun tidak secepat pesawat terbang, namun melakukan perjalanan darat menggunakan bus bukanlah hal buruk. Justru kalian akan menikmati setiap […]
    Seiring dengan berkembangnya zaman, orang-orang lebih memilih bepergian lintas provinsi menggunakan kereta api atau jalur udara yaitu pesawat terbang. Tapi tahukah kalian, jika transportasi umum darat yakni bus telah mengeluarkan inovasi yang berorientasi pada kenyamanan penumpang. Beberapa tahun terakhir ini muncullah sleeper bus Jakarta-Yogyakarta yang siap menemani perjalanan wisata kalian.  Wah, ternyata kemajuan teknologi berdampak […]