Mengenal Karoseri : Sejarah, dan Informasi Menariknya

Bus Karoseri adalah Bus yang sering digunakan di Indonesia (Sumber : Wikipedia)
Daftar isi

Tahukah anda bahwa di Indonesia terdapat sebuah industri yang memungkinkan pelanggan untuk memesan kendaraan sesuai dengan keinginannya? Karoseri adalah jawabannya. Industri ini menyediakan barang sesuai pesanan dari pelanggan saja. 

Banyak orang yang sampai saat ini masih salah kaprah tentang Karoseri. Oleh karena itu, Tiket Resmi akan menjelaskan apa itu Karoseri dan bagaimana industri ini bergerak. Yuk, simak penjelasan lebih lanjutnya di sini!

Sejarah Karoseri

Jika pertama kali mendengar nama Karoseri, terdengar sangat Indonesia sekali, bukan? Jangan salah, nama Karoseri berasal dari bahasa Belanda, yaitu Carrosserie. Carrosserie atau Karoseri adalah rumah-rumah kendaraan yang berada di atas rangka/sasis mobil, biasanya juga terdapat di truk atau bus.

Pada awal perkembangannya di tahun 1970an, Karoseri membuat banyak minibus serta mobil penumpang yang dibangun di atas rangka mobil pick-up, begitu pula dengan pembuatan bus dibangun pada sasis truk. Pada saat ini, industri Karoseri berfokus hanya pada produksi truk dan bus serta beberapa kendaraan khusus untuk layanan umum, seperti mobil pemadam kebakaran dan ambulans. 

Karoseri adalah industri yang melayani pembuatan badan kendaraan yang dilakukan di atas sasis. Sasis yang biasa digunakan khusus untuk truk dan bus saja saat ini karena kedua kendaraan ini diperlukan serta digunakan oleh khalayak umum saat ini. Beberapa contoh karoseri yang biasanya digunakan pada bus adalah bus angkutan penumpang dalam kota seperti Bus Trans dan Kopaja.

Artikel Terkait

Truk buatan karoseri biasanya berfungsi untuk mengangkut material atau keperluan industri lainnya. Keberadaan industri karoseri di Indonesia memungkinkan anda untuk memiliki bus atau truk dengan tampilan yang lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan anda,

Daftar Karoseri di Indonesia

Berikut adalah beberapa daftar industri Karoseri yang beroperasi di Indonesia :

  1. Adi Putro

Pertama, perusahaan Adi Putro yang berasal dari Malang, Jawa Timur. Adiputro karoseri adalah karoseri yang sudah cukup terkenal karena sudah berdiri sejak tahun 1973. Pendiri Adi Putro Karoseri adalah 3 bersaudara bernama David Jethrokusumo, Jesse Jethrokusumo dan Andreas Jethrokusumo.

Adi Putro memproduksi beberapa body bus legendaris yang pernah ada di Indonesia, seperti Marcopolo, Neoplan, Apron bus, Aero Queen, Airport bus, Batch, Tourizmo, Setra, Travego, Van Hool, Irizar, Sprinter, Dream Coach, dan Jetbus 3+. Dream Coach adalah bus yang dirancang khusus untuk menyediakan sleeper seat.

Selama masa pandemi, Adi Putro melakukan berbagai inovasi, mulai dari HEPA filter, partisi, sampai penyediaan UV light. 

Bus Adi Putro (Sumber : @zaidan_bemance on Instagram)
  1. Laksana

Kedua ada perusahaan karoseri yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah, yaitu Laksana. Karoseri ini didirikan pada tahun 1967 oleh Yusup Arman. Pada saat ini, Laksana karoseri adalah idola bagi para perusahaan otobus di Indonesia.

Laksana memproduksi beberapa produk seperti Nucleus, Old Legacy, Panorama, Comfort, Sonic, Discovery, Sprinter, Cityline, Tourista, Proteus, dan Legacy yang sampai saat ini menjadi produk andalan karoseri Laksana.

Laksana karoseri bukan hanya perusahaan pembuat body bus biasa. Karoseri ini juga sering melakukan inovasi, seperti membuat body bus double-decker, bus dengan sleeper seat, bus social distancing, bus bio smart yang dilengkapi dengan teknologi sirkulasi udara yang canggih, bahkan bus laboratorium.

Bus Laksana (Sumber : @novallristiyana20 on Instagram)
  1. Morodadi Prima

Morodadi Prima didirikan oleh Bambang Gunawan pada tahun 1964 di Malang, Jawa Timur. Pada awal kemunculannya, Morodadi Prima hanya berfokus pada pembuatan mini bus. Setelah memasuki tahun 1990, karoseri ini mulai memperluas cakupan ke pembuatan body bus besar.

Morodadi Prima memproduksi body bus seperti Zonda, Airport bus, Patriot, Tourismo, Travego, Platinum,  Aero Queen, Jetbus, Ventura, Setra, dan Marcopolo

Kualitas produksi Morodadi Prima terkenal dengan kualitasnya yang sangat baik. Selain itu, karoseri ini juga kerap melakukan inovasi, salah satu inovasinya adalah sunroof atau panoramic sunroof, dan sirkulasi udara yang canggih.

Bus Morodadi Prima (Sumber : @morodadiprima.karoseri on Instagram)
  1. Tentrem

Selanjutnya, karoseri Tentrem yang berdiri pada 1986 di Malang, Jawa Timur. Karoseri ini didirikan oleh Tatang Wahyudi. Tentrem karoseri adalah karoseri yang produknya sering digunakan oleh PO bus di Indonesia.

Pada awalnya karoseri Tentrem hanya bengkel yang berfungsi sebagai bengkel maintenance PO Tentrem, tapi seiring berjalannya waktu, bengkel ini mulai membuka service dan pembuatan untuk PO lainnya. Akhirnya, karoseri Tentrem mendapat sertifikat resmi dari dari Mercedes-Benz untuk standarisasi bus body builder di sasis Mercedes-Benz.

Beberapa produksi dari Karoseri Tentrem yang populer, antara lain Scorpion King,  Scorpion X, Avante H7, Avante H8, Avante H9, Jupiter, Galaxy, Inspiro Max, Max HDD, Avante HDD, Avante D1, Avante D2, Venom, dan Actor. Produk terbaru dari karoseri ini adalah body bus Avante D1 milik PO Harapan Jaya yang memiliki spion kamera.

Bus Tentrem (Sumber : @mfem_2328 on Instagram)
  1. New Armada

Selanjutnya ada karoseri New Armada. Karoseri ini didirikan oleh David Herman Jaya pada tanggal 1974 dan memiliki nama lengkap perusahaan PT. Mekar Armada Jaya. Karoseri ini terletak di Magelang, Jawa Tengah.

New Armada karoseri adalah karoseri yang memproduksi body bus seperti Citouro 9, Citouro 10, Citouro 12, Anaconda, Aristo, Aristovo, Evolander, Evolander SHD, Evolander HDD, BRT, Cruiser, Evobus, Evonext, Genesia, Highlander, Grand Cruiser, Magneto Vizion, New Coaster, New Superbus, Touristo, dan Skylander.

Bus New Armada (Sumber : @newarmada.official on Instagram)
  1. Tri Sakti

Karoseri berikutnya juga masih berasal dari Magelang, yaitu Tri Sakti. Tri Sakti karoseri adalah perusahaan yang sering dipilih banyak PO (perusahaan otobus) untuk membuat bus kota dan bus berukuran medium. 

Alamat karoseri Tri Sakti berada di Jalan Raya Magelang-Purworejo Km.10, Jawa Tengah.Beberapa body bus hasil produksi karoseri ini antara lain Werkudara, Ultima, Ultima 2, Infinity, Legend, Phoenix GX, Titanium, Setra, Prestise, dan Titan.

Bus Tri Sakti (Sumber : @rakafirmansyah on Instagram)
  1. Rahayu Sentosa

Pada urutan ke tujuh, ada Rahayu Sentosa yang didirikan oleh Bambang Mulyadi pada tahun 1961 di Cibinong, Bogor. Karoseri ini cukup terkenal pada era 1990 sampai awal tahun 2000. Biasanya, produksi dari Rahayu Sentosa akan menjadi pilihan PO di Indonesia untuk menjadi bus kota, pariwisata, bahkan bus antar kota antar provinsi.

Beberapa produk dari Rahayu Sentosa, antara lain Evo C, Evo G, Evo S, Evo X,  Aero Queen, Banteng, Ecoline, Evolution, Euro Liner, Capsule, Celsius, Old Jetliner, Old Skyliner, New Viero, Old Setra, Concerto, Millenium,Viero, Vania, Virago, dan Tourliner.

Rahayu Sentosa sudah berhenti beroperasi sejak tahun 2018 karena adanya permasalahan internal dalam perusahaan.

Bus Rahayu Sentosa (Sumber : @rakagfm28)
  1. Gunung Mas

Perusahaan karoseri selanjutnya berasal dari Madiun, Jawa Timur, yaitu Gunung Mas. Pendiri karoseri ini adalah Ir. Hari Prajitno pada awal tahun 2000 an. 

Karoseri ini banyak dipercaya untuk memproduksi bus AKAP, bus operasional swasta, bus pariwisata, bahkan kendaraan minibus untuk instansi pemerintah.

Beberapa body bus yang menjadi ciri khas Gunung Mas adalah Zeppelin M5, Zeppelin G3 dan Zeppelin G2.

Bus Gunung Mas (Sumber : @karoserigunungmas on Instagram)
  1. Piala Mas

Selanjutnya adalah karoseri Piala Mas yang terletak di Jalan Raya Randuagung  202 Singosari, Malang dan Jalan Bodean Krajan No. 9 Desa Toyomarto, Singosari, Malang. Karoseri Piala Mas didirikan pada tahun 1978 oleh Soetrisno dan Haliman Halim.

Piala Mas memproduksi beberapa jenis body bus, seperti mini bus, micro bus, medium bus, dan big bus. Beberapa macam di antaranya adalah Rexus HDD, Rexus Medium L, Rexus SL HDD,  Rexus MHD, Rexus SL, dan Ventura.

Bus Piala Mas (Sumber : @hisyam on Instagram)
  1. Restu Ibu Pusaka

Terakhir, karoseri yang berasal dari Bogor, Jawa Barat, yaitu Restu Ibu Pusaka. Karoseri ini berdiri pada tahun 1982. Restu Ibu Pusaka karoseri adalah anak perusahaan dari Blue Bird Group. Oleh sebab itu, perusahaan ini pada awalnya hanya berfokus untuk mengerjakan body bus pariwisata milik Big Bird.

Pada saat ini, Restu Ibu Pusaka tidak hanya melayani pembuatan bus Big Bird saja tapi juga membuat bus untuk Damri, MGI, dan PO lainnya. Beberapa body bus andalan karoseri adalah Altano, Arctic, Arctic SHD, Classic, Cristal, Caezar, Galaxy Coach, Luxobus,  Aero Midi, Venus, Integra, dan Neptune Skania.

Bus Restu Ibu Pusaka (Sumber : @reynaldoyp on Instagram)

Keunikan Karoseri

Produk dari perusahaan karoseri memiliki keunikannya tersendiri karena tingginya permintaan akan bus karoseri ternyata diikuti dengan keunikan yang ada, berikut adalah beberapa keunikan dari karoseri :

  • Karoseri hanya akan memproduksi sesuai pesanan konsumen. Konsumen akan memberikan fungsi dan desain untuk kendaraan yang dipesan.
  •  Setiap karoseri memiliki perbedaan satu sama lain karena produk hanya dibuat sesuai pesanan.
  • Produk karoseri mudah untuk disesuaikan kebutuhan konsumen.
  • Pilihan yang variatif. 
  • Karoseri terus melakukan inovasi untuk mengembangkan produknya. 

Baca Juga : Bus Double Decker, Transportasi Massal dengan Dua Tingkat

Sebagai kesimpulan, Karoseri adalah perusahaan pembuatan custom bus. Karoseri mana yang menjadi favorit anda sebagai teman perjalanan?

Demikian penjelasan Tiket Resmi mengenai sejarah karoseri Indonesia dan beberapa informasi menariknya. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan memberikan pengetahuan baru. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *