Jangan Sampai Ditilang, Ini Jalur Ganjil Genap Jakarta 2022!

Jalur Ganjil Genap (Sumber : Idntimes)
Daftar isi

Pemerintah provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan menetapkan pemberlakuan jalur ganjil genap seiring adanya PPKM level 3. Nantinya, terdapat beberapa titik di sejumlah wilayah yang dikenai aturan tersebut. Simak informasi selengkapnya mengenai pemberlakuan jalur ganjil genap Jakarta 2022 di bawah ini.

Penyebab Diberlakukan Jalur Ganjil Genap Jakarta

Tingginya lonjakan kasus COVID-19 yang belum juga mereda dengan penambahan angka 20 ribu kasus per hari, pemerintah DKI Jakarta akhirnya menetapkan aturan PPKM level 3 di wilayah ibu kota.

Sejalan dengan hal tersebut, aturan jalur ganjil genap bagi kendaraan roda empat pribadi juga diberlakukan. Ketentuan tersebut diatur dalam Keputusan Kepala Dinas Perhubungan DKI Nomor 80 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap pada Masa PPKM Level 3 COVID-19. 

Bahkan, sewaktu PPKM di DKI Jakarta sudah turun ke level 2 hingga tanggal 14 Maret 2022, sistem ini masih tetap berlaku.

Jalur Jadwal Ganjil Genap (Sumber : SindoNews)

Jadwal Jalur Ganjil Genap Jakarta

Berdasarkan informasi dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta, jalur ganijl genap diberlakuan selama adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Jawa-Bali.

Artikel Terkait

Mengenai jadwalnya sendiri masih sama dengan sebelumnya, yakni terbagi ke dalam dua sesi setiap hari Senin sampai Jumat. Pada pagi hari dimulai dari pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB, kemudian berlanjut lagi pada sore hari mulai pukul 16.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Lebih lanjut, peraturan ini tidak berlaku pada hari Sabtu, Minggu, serta hari libur nasional yang ditetapkan sesuai dengan Keputusan Presiden. Anda jangan sampai salah jawal, ya.

Titik Jalur Ganjil Genap Jakarta 2022

Pemerintah provinsi DKI Jakarta resmi menetapkan pemberlakuan sistem ganjil genap di 13 ruas jalan ibu kota. Sebelumnya, aturan tersebut sempat berlaku pada kawasan wisata, seperti Taman Impian Jaya Ancol, Kebun Binatang Ragunan, serta Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Namun, ketentuan ini lantas dihapuskan menyusul adanya PPKM level 3.

Dilansir dari situs resmi Korlantas Polri, 13 titik yang dimaksud tersebar di area Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Pusat. Berikut ini 13 jalur ganjil genap yang harus Anda ketahui.

1. Jalan Jenderal Sudirman

2. Jalan Jenderal Gatot Subroto

3. Jalan Sisingamangaraja 

4. Jalan Panglima Polim

5. Jalan Tomang Raya

6. Jalan Gunung Sahari

7. Jalan Hajjah R. Rasuna Said

8. Jalan M.H. Thamrin

9. Jalan Letnan Jenderal M.T. Haryono

10. Jalan Mayor Jenderal D.I. Panjaitan

11. Jalan Jenderal Ahmad Yani, mulai dari Simpang Jalan Bekasi Timur Raya hingga Simpang Jalan Perintis Kemerdekaan

12. Jalan Letnan Jenderal S. Parman, mulai dari Simpang Jalan Tomang Raya sampai Jalan Jenderal Gatot Subroto

13. Jalan Fatmawati, mulai dari Simpang Jalan Ketimun 1 hingga Simpang Jalan T.B. Simatupang

Pihak kepolisian sendiri juga memberikan pengecualian khususnya bagi pengendara sepeda motor, transportasi umum dengan pelat kuning, beserta kendaraan dinas pelat merah dan pelat TNI-Polri.

Apabila pengendara melanggar aturan ganjil genap, maka nantinya akan dikenakan sanksi tilang yang mengacu pada pasal 287 Undang-Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Adapun denda maksimal yang dikenakan yaitu sebesar Rp 500.000.

Baca Juga : Jangan Pusing, Begini Cara Pembatalan Tiket Kereta Api

Itulah informasi mengenai pemberlakuan jalur ganjil genap Jakarta 2022. Pastikan untuk selalu memperhatikan jadwal supaya Anda tidak kena tilang, ya! Jangan lupa cek berita terbaru lainnya di Tiket Resmi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *